Language : EnglishFilipinoIndonesianJapaneseKoreanMalayThai
 

Hari Kesehatan Mental Sedunia

Pandemi COVID-19 berdampak besar pada kesehatan mental masyarakat. Kehidupan sehari-hari kita telah berubah dalam berbagai aspek sejak awal pandemi COVID-19. Kita menjadi merasa khawatir akan hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan? Khususnya untuk orang-orang yang bekerja di garis terdepan, para tenaga kesehatan, & pelajar tentunya sangat terpengaruh kesehatan mentalnya.

Namun ada alasan untuk tetap optimis. WHO dan Pemerintah dari seluruh dunia menyadari perlunya meningkatkan kualitas layanan kesehatan mental di semua tingkatan. Dan beberapa negara telah menemukan cara baru untuk menyediakan perawatan kesehatan mental bagi penduduknya.

Tanggal 10 Oktober, kita memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Health Day. Hari Kesehatan Mental Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan menyebarkan edukasi tentang masalah kesehatan mental di seluruh dunia. Di tahun ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengangkat tema “Perawatan kesehatan mental untuk semua: mari kita wujudkan”

Data Kesehatan dari WHO :

  • Saat ini hampir satu miliar orang memiliki gangguan mental dan siapa saja, di mana saja, dapat terpengaruh.
  • Depresi adalah penyebab utama kecacatan di seluruh dunia dan merupakan penyumbang utama beban penyakit global secara keseluruhan. Secara global, diperkirakan 5% orang dewasa menderita depresi.
  • Secara global, satu dari tujuh anak berusia 10-19 tahun mengalami gangguan mental. Setengah dari semua gangguan tersebut dimulai pada usia 14 tahun tetapi sebagian besar tidak terdeteksi dan tidak diobati.
  • Orang dengan gangguan jiwa berat seperti skizofrenia cenderung meninggal 10-20 tahun lebih awal dari populasi umum.
  • Satu dari setiap 100 kematian adalah karena bunuh diri. Ini adalah penyebab kematian keempat untuk orang muda berusia 15-29 tahun.
  • Pandemi Covid-19 berdampak cukup besar terhadap kesehatan mental masyarakat.

 

Seberapa sering tim Anda mendiskusikan kesejahteraan mental?

Jika sudah lama — atau mungkin tidak pernah terjadi — sekaranglah saatnya untuk memulai percakapan yang sulit namun perlu itu. Tempat kerja tetap bisa tetap profesional saat membahas kesehatan mental; itu juga merupakan salah satu lingkungan terpenting untuk memulai percakapan tentang kesehatan mental.

Penelitian menunjukkan bahwa karyawan membutuhkan bantuan untuk menemukan jenis bantuan kesehatan mental yang tepat. Sekitar 85% masalah kesehatan mental karyawan tidak terdiagnosis atau tidak diobati, menurut National Alliance on Mental Illness. Itu mungkin sebagian karena stigma yang mengelilingi penyakit mental dan bahwa beberapa individu merasa malu atau tidak tahu harus mulai dari mana mencari bantuan.

Itulah mengapa penting bagi organisasi untuk mendorong diskusi tentang kesehatan mental di tempat kerja. Selain membuat perusahaan menjadi tempat kerja yang lebih sehat, ini juga memiliki efek domino bagi karyawan baik di dalam maupun di luar pekerjaan. Kesehatan mental yang lebih baik berarti lebih banyak kepercayaan diri, energi, produktivitas, dan kebahagiaan serta kesejahteraan secara keseluruhan.

Merurut TotalWellness, ada 10 cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental yang bisa dipromosikan ke pekerja :

Tip #1: Berlatih Peduli Terhadap Diri Sendiri

Perawatan diri adalah tentang merawat diri sendiri. Itu berarti meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Menghabiskan waktu pada diri sendiri tidak egois dan harus menjadi bagian dari rutinitas mingguan, tidak peduli seberapa sibuk Anda. Makan yang benar, tidurlah sedikit lebih awal, lakukan yoga, minum secangkir teh atau kopi sendirian; itu terlihat berbeda untuk setiap orang. Temukan apa yang berhasil bagi Anda untuk merasakan yang terbaik.

Tip #2: Dapatkan Tidur Berkualitas Tinggi

Tidur sangat penting untuk fisik dan kesehatan mental. Tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri saat Anda tidur, dan juga membantu Anda merasa segar untuk fokus dan konsentrasi. Kurang tidur kronis terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes, ginjal, tekanan darah tinggi, dan stroke. Sarankan pekerja menghitung jumlah jam tidur setiap hari, saat ini sudah ada beberapa alat yang bisa digunakan.

Tip #3: Perhatikan & Kontrol Stres

Terlalu banyak stres akan melelahkan tubuh dan pikiran. Jika Anda menemukan diri Anda terus-menerus stres, tubuh Anda akan bertindak seolah-olah dalam “mode pertarungan atau lari” yang konstan yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Stres kronis melemahkan sistem kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan kelelahan dan masalah seperti depresi dan kecemasan. Temukan cara untuk bersantai di akhir setiap hari dan untuk mengeluarkan tenaga ketika Anda merasa stres menumpuk.

Tip #4: Bergeraklah

Olahraga bermanfaat untuk berbagai fungsi tubuh dan dapat membuat Anda tetap sehat mental dan fisik. Bergerak secara teratur meningkatkan detak jantung dan pelepasan tubuh Anda “neurotransmiter perasaan-baik” yang disebut endorfin. Apakah Anda suka berjalan, berlari, bersepeda, atau olahraga lainnya. Benggerakkan tubuh Anda setiap hari dapat membantu Anda merasa secara mental. Ingat bergeraklah setiap hari. Bergerak ketika bekerja tidak dihitung sebagai olahraga.

Tip #5: Nikmati Vitamin D yang Alami

Vitamin D bertanggung jawab untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat. Penelitian juga menunjukkanitu memainkan peran penting dalam  meningkatkan suasana hati, juga. Kulit Anda memproses vitamin D dari sinar matahari, tetapi jika Anda kekurangan — atau tinggal di tempat dengan sedikit sinar matahari — Anda mungkin perlu minum suplemen juga. Menghabiskan waktu di luar ruangan juga dikenal dapat meningkatkan mood dan kondisi seperti kecemasan dan depresi. Untuk pekerja di Indonesia tidak ada alasan untuk tidak berjemur setiap pagi.

Tip #6: Temukan Hobi

Hobi adalah cara yang bagus untuk bertemu orang baru dan mempelajari hal-hal baru tentang diri Anda. Menjelajahi hobi dapat meningkatkan interaksi sosial Anda, yang pada gilirannya dapat meningkatkan Anda suasana hati. Hobi juga memberi Anda tujuan di luar pekerjaan dan bisa dilakukan hanya untuk kesenangan dan seringkali cukup bermanfaat. Anda tidak perlu mengambil hobi yang mahal, Misalnya dengan membaca, merajut, membuat dan mendengarkan musik, berkebun, dan kegiatan serupa lainnya bisa relatif murah dan menyenangkan.

Tip #7: Minum Banyak Air

Mengkonsumsi air yang cukup adalah bagian penting dari hidup yang baik. Jika Anda tidak minum air yang cukup, Anda mungkin merasa lesu dan mengalami kabut otak, yang dapat berdampak pada suasana hati Anda. Bawalah air dan minumlah secara teratur sepanjang hari untuk menjaga tingkat energi Anda dan tubuh Anda merasa yang terbaik. Pastikan anda mengukur berapa gelas yang anda konsumsi setiap hari. Kekurangan minum dalam 1 hari mungkin tidak berbengaruh langsung kekesehatan anda, tapi kekurangan minum yang berkelanjutan, seminggu, sebulan, tahunan akan menyebabkan penyakit yang knonis.

Tip #8: Berlatih Syukur

Di penghujung hari, pikirkan 3 hal yang Anda syukuri hari ini. Renungkan 3 hal itu

atau jika bisa menuliskannya. Ini bisa sesederhana seperti memiliki tempat tidur, pekerjaan yang lancar, yang hari yang cerah dan lainnya.

Kiat #9: Tertawalah

Tertawa selalu menjadi obat terbaik. Jika Anda merasa stres atau sedih, temukan cara tertawa. Anda dapat menelepon teman anda yang lucu, menonton komedi, membaca cerita lucu, atau mencari video favorit komedian anda di YouTube. Saat merasa tidak nyaman, tertawa yang baik bisa menjadi terapi.

Tip #10: Mintalah Bantuan

Jika Anda kesulitan, mintalah bantuan. Mungkin sulit untuk melakukannya karena takut dihakimi, tapi meminta bantuan membutuhkan keberanian. Itu juga berarti Anda selangkah lebih dekat untuk mendapatkan yang tepat bantuan kesehatan mental yang Anda butuhkan. Anda dapat menghubungi sumber daya kesehatan mental secara online, berbicara dengan dokter, atau bahkan mencari konselor kesehatan mental. Di internet sudah banyak pelayanan kesehatan mental online yang melayani secara gratis. Tidak ada salahnya dicoba.

Intinya sadarilah bahwa Kesehatan Mental ini harus menjadi perhatian & kesadaran bagi organisasi dan semua pekerja saat ini. Seperti tema Hari Kesehatan Mental Dunia dari WHO “Perawatan kesehatan mental untuk semua: mari kita wujudkan”.

Categories: News

Comments are closed

Chat on whatsapp