Language : English Indonesian Filipino Japanese Korean Malay Thai Chinese (Simplified) Chinese (Traditional)
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan

Hal penting apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan? Jawaban pastinya adalah meningkatkan layanan pelanggan. Tak peduli betapa besar produk atau sebaik apapun staf yang dimiliki, satu hal yang paling diingat pelanggan adalah interaksi langsung mereka dengan perusahaantersebut.

Perusahaan yang kuat akan memiliki relasi pelanggan yang baik. Tapi perusahaan yang cerdas akan selalu bertanya, seperti apa pelayanan pelanggan yang baik?

Berikut tips tentang pelayanan pelanggan untuk mengidentifikasi cara lebih baik melayani customer.

Meningkatkan Layanan Pelanggan dengan memperkuat costumer Skill

penting untuk memastikan tim layanan pelanggan memiliki kemampuan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Lakukan survey atau wawancara kepada pelanggan untuk mengetahui apakah tim Anda menunjukkannya.

Tingkatkan Interaksi Pelanggan

  • Berlatih mendengarkan agar pelanggan merasa didengar. Klarifikasi dan ulangi apa yang pelanggan katakan untuk memastikan Anda memahamai mereka.
  • Akui kesalahan meski ketika Anda lebih dulu menyadarinya sebelum pelanggan. Hal ini akan membangun kepercayaan dan mempertahankan rasa percaya diri, juga membuat Anda bisa mengontrol situasi, kembali fokus pada pelanggan, dan mengatasi masalah.
  • Lakukan follow up setelah masalah terselesaikan. Pastikan masalah telah diatasi dan pelanggan puas dengan layanan yang Anda berikan.

Perkuat Strategi Layanan Pelanggan

  • Bersikap personal. Manfaatkan media sosial dan berikan respon ketika pelanggan mem-postingsesuatu di halaman website Anda.
  • Selalu ada untuk mereka. Bagian dari sentuhan personal adalah memastikan pelanggan Anda bisa menghubungi Anda.
  • Layani pelanggan Anda. Pastikan Anda memenuhi semua kebutuhan pelanggan.
  • Ciptakan komunitas. Pelanggan akan merasa lebih dihargai bila Anda memperlakukan mereka sebagai anggota komunitas yang penting.

Dekatkan Diri dengan Staff Layanan Pelanggan Anda

Meningkatkan kedekatan dengan pegawai jadi cara lain untuk memastikan pelanggan mendapat pengalaman yang baik. Pegawai yang tidak puas kemungkinan tidak akan mengemukakan masalahnya, jadi sediakan kotak saran tanpa nama atau lakukan survey ke pegawai.

Sediakan Cara Agar Pelanggan Bisa Memberi Feedback

Ciptakan cara mudah bagi pelanggan untuk memberi feedback. Bisa berupa survey di akhir layanan telepon, survey email yang dikirim secara langsung dari tool CRM Anda, atau formulir di halaman “Contact Us” dari web Anda. Semua ini menjadi sarana bagi pelanggan untuk lebih mudah memberi feedback agar Anda tahu apa saja yang perlu ditingkatkan.

Biarkan Pelanggan Mengenal Anda

Bila Anda menjalankan bisnis dari lokasi yang tidak dikenal atau hanya melalui internet, ini akan membuat Anda semakin tidak dikenal. Kondisi ini memang biasa terjadi saat ini, tapi menambahkan alamat di kartu bisnis Anda akan membuat pelanggan merasa tenang karena mereka tahu Anda tidak akan menghilang.

Tawarkan Layanan Khusus/VIP

Memberikan penawaran khusus ke pelanggan akan membuat mereka merasa diurus, juga sesuatu yang membuat mereka mau membayar Anda lebih. Ada banyak tawaran dan promosi untuk pelanggan baru saja, beri juga reward pada pelanggan yang paling lama bersama Anda.

Pastikan Memiliki Cukup Staf Customer Service Selama Waktu Sibuk

Pada waktu tertentu dalam satu tahun, telepon untuk layanan pelanggan jauh lebih tinggi dibanding biasanya. Karenanya penting untuk memastikan ada cukup personil yang akan menangani pelanggan.

Reny

Categories: News

Comments are closed