Language : EnglishFilipinoIndonesianJapaneseKoreanMalayThai
 

ISO PAS 45005: 2020 Panduan K3 Saat Pandemi Covid-19

ISO PAS 45005: 2020 – Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pedoman Umum Untuk Bekerja Dengan Aman Selama Pandemi COVID-19

COVID-19 telah mengubah cara orang hidup dan bekerja. Organisasi dihadapkan pada tantangan yang belum pernah ada sebelumnya. Organisasi harus beradaptasi dengan cepat, mengadopsi praktik kerja baru dan memenuhi peraturan baru saat mereka bekerja di era new normal ini. Sebagai respon cepat dalam penanganan pandemi, ISO telah menerbitkan ISO/PAS 45005:2020. Ini dikembangkan oleh komite teknis ISO/TC 283 dan merupakan pedoman umum untuk keselamatan kerja selama pandemi COVID-19. Standar yang diterapkan secara sukarela ini disusun untuk menjawab kebutuhan pasar yang mendesak.

Apa itu ISO/PAS 45005?

ISO / PAS 45005 memberikan pedoman bagi organisasi tentang cara mengelola risiko yang timbul dari COVID-19 untuk melindungi kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan terkait pekerjaan. Ini relevan dengan organisasi dari semua sektor dan ukuran dan memberi nasihat kepada organisasi tentang cara mengelola risiko yang timbul dari pandemi untuk membantu melindungi karyawan. Ini dapat digunakan secara mandiri atau terintegrasi dalam kerangka sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja organisasi, yang akan berfungsi sebagai pedoman untuk ISO 45001.

Untuk Siapa ISO/PAS 45005 ?

Panduan ini bersifat umum dan berlaku untuk organisasi terlepas dari sifat bisnis, penyediaan layanan, ukuran, atau kompleksitas. Ini mengakui bahwa banyak organisasi kecil tidak memiliki departemen khusus untuk fungsi-fungsi seperti kesehatan dan keselamatan kerja (K3), manajemen fasilitas atau sumber daya manusia. Informasi lebih rinci untuk fungsi tertentu tersedia dari badan profesional dan berbagai standar nasional dan internasional.

Dokumen ini berlaku untuk organisasi dari semua ukuran dan sektor, termasuk yang:

  1. a) telah beroperasi selama pandemi;
  2. b) melanjutkan atau berencana untuk melanjutkan operasi setelah penutupan penuh atau sebagian;
  3. c) menempati kembali tempat kerja yang telah ditutup sepenuhnya atau sebagian;
  4. d) baru dan berencana untuk beroperasi untuk pertama kalinya.

Selain mempertimbangkan mereka yang bekerja di lokasi tetap, seperti tempat organisasi mereka, atau bekerja dari rumah, ISO / PAS 45005 juga mempertimbangkan skenario kerja lainnya, termasuk karyawan yang bekerja di banyak tempat kerja, mereka yang bekerja di lokasi orang lain dan yang perlu melakukan perjalanan terkait pekerjaan. Dokumen ini juga memberikan panduan yang berkaitan dengan perlindungan pekerja dari semua jenis (misalnya pekerja yang dipekerjakan oleh organisasi, pekerja dari penyedia eksternal, kontraktor, wiraswasta, pekerja outsourcing, pekerja yang lebih tua, pekerja dengan disabilitas dan responden pertama), dan pihak berkepentingan terkait lainnya (misalnya pengunjung ke tempat kerja, termasuk anggota masyarakat).

Panduan ini mencakup rekomendasi praktis untuk organisasi dan pekerja tentang cara mengelola risiko ini dan cocok untuk organisasi yang melanjutkan operasi, yang telah beroperasi selama pandemi, dan mereka yang memulai operasi.

Apa tujuan ISO/PAS 45005? 

Dengan menerapkan pedoman dalam dokumen ini, organisasi akan mampu:

  1. mengambil tindakan efektif untuk melindungi pekerja dan pihak terkait lainnya dari risiko terkait COVID-19;
  2. menunjukkan bahwa mereka menangani risiko terkait COVID-19 menggunakan pendekatan sistematis;
  3. menempatkan kerangka kerja untuk memungkinkan adaptasi yang efektif dan tepat waktu terhadap situasi yang berubah.

Pendekatan PDCA

Organisasi yang menggunakan ISO 45001 dapat menggunakan dokumen ini untuk menginformasikan sistem manajemen K3 mereka dengan menghubungkan klausul yang relevan dengan siklus Plan-Do-Check-Act (PDCA), seperti yang diuraikan di bawah ini. Mengambil pendekatan sistem memfasilitasi koordinasi sumber daya dan upaya yang sangat penting dalam mengelola COVID-19.

  • Rencanakan: Rencanakan apa yang perlu dilakukan agar organisasi dapat bekerja dengan aman (lihat Klausul 4 sampai 8 ).
  • Lakukan: Lakukan apa yang telah direncanakan organisasi untuk dilakukan (lihat Klausul 9 sampai 12 ).
  • Periksa: Lihat seberapa baik kerjanya (lihat Klausul 13 ).
  • Bertindak: Perbaiki masalah dan cari cara untuk membuat apa yang dilakukan organisasi menjadi lebih efektif (lihat Klausul 14 ).

Untuk menilai langkah-langkah yang sudah diambil organisasi dalam mempersiapkan dan melaksanakan protokol Pandemi Covid 19, WQA memiliki produk Covid Secure Label. Ini adalah verifikasi dari pihak ketiga yang kompeten dan independen untuk menjamin suatu organisasi sudah mengembangkan & menjalankan kriteria aman untuk pencegahan covid 19. Sehingga bisa memberikan jaminan bahwa organisasi telah menerapkan langkah-langkah spesifik untuk mengurangi penularan covid 19 sesuai dengan regulasi pemerintah dan ISO/PAS 45005.

 

Sumber :

  • org
  • WQA Learning

 

Categories: News

Comments are closed