Language : EnglishFilipinoIndonesianJapaneseKoreanMalayThai
 

Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi Corona

Adanya ancaman wabah Covid-19 yang meluas diseluruh dunia sehingga membuat bisnis dan perekonomian terkena dampaknya. Masa pandemi ini bisa dibilang adalah masa yang sangat menantang bagi para pebisnis. Hal tersebut karena banyak bisnis yang akhirnya terpaksa meliburkan karyawannya dan menutup bisnisnya untuk sementara waktu agar dapat meminimalisir penyebaran virus corona tersebut.

Melansir dari Business Insider, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk Mempertahankan Bisnis di tengah pandemi corona. Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Apakah perusahaan kita memiliki peluang untuk menjalankan bisnis secara online?

Semenjak diberlakukannya social distancing, kebanyakan orang akhirnya melakukan gerakan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Di mana kegiatan tersebut dapat dilakukan secara online.

Nah, tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan kesempatan atau peluang ini, di mana kita bisa mengalihfungsikan bisnis  yang tadinya hanya melalui offline store menjadi online store.

Intinya kita harus pandai mencari peluang bagaimana mengubah bisnis offline tersebut menjadi online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

2. Apakah ada skill atau keahlian lain yang bisa ditawarkan secara online terkait bisnis?

Jika memang tidak menemukan cara untuk menjalankan bisnis kalian secara online, kita bisa mencoba cara berikut ini. Carilah keahlian atau skill yang kalian miliki yang bisa ditawarkan jasanya secara online.

Misalnya memiliki bisnis jasa konsultasi. kita bisa menawarkan kursus berupa pelatihan online dan konsultasi online kita juga bisa menjual video tutorialnya.

Kita perlu mencari tahu hal apa yang biasa ditanyakan oleh orang-orang kepada kita mengenai apa yang mereka butuhkan. Banyaklah menjual informasi yang jarang diketahui oleh orang-orang yang menyukai keahlian tersebut.

3. Bagaimana kita mengatur bisnis sehingga bisnis tersebut tidak terpengaruh oleh pandemi atau faktor global lain di kemudian hari?

Ketika bisnis sedang mengalami penurunan akibat adanya pandemi atau faktor lain, cobalah mencari tahu hal apa yang dibutuhkan oleh para konsumen di luaran sana. Pastikan kita  bisa memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Dalam berbisnis kalian mengenal yang namanya brand loyalty, artinya kita memiliki konsumen yang sangat loyal terhadap brand  walau keadaan sedang sulit. Nah, kita harus mencari cara untuk meningkatkan kelebihan ini.

Kita juga harus menyadari jika bisnis offline kalian mulai tidak menghasilkan, maka jangan menunda-nunda dan segeralah mencoba untuk menjalankan bisnis kalian secara online sehingga pendapatan kalian tidak berhenti begitu saja.

Baca Juga : ISO 22301 Untuk Keberlangsungan Bisnis Perusahaan

WQA Training Schedule

Categories: artikel,News

Comments are closed