Syarat dan Kompetensi Menjadi Auditor Internal ISO 14001

ISO 14001 adalah sebuah spesifikasi internasional untuk sistem manajemen lingkungan (SML) yang membantu perusahaan Anda mengidentifikasi, memprioritaskan, dan mengatur risiko-risiko lingkungan sebagai bagian dari praktek bisnis normal.

Audit internal ISO 14001 adalah salah satu fungsi utama untuk menjaga keunggulan dalam Sistem Manajemen Lingkungan dalam perusahaan anda. audit internal ISO 14001 dapat mengidentifikasi kesenjangan dalam kinerja atau proses serta ketidakpatuhan terhadap undang-undang dan standar itu sendiri.

Mengingat efektivitas audit internal itu sendiri seringkali gantung pada keahlian, pengetahuan, dan kemampuan dari orang yang ditunjuk untuk melakukan audit . jadi apa kompetensi yang harus dimiliki seorang internal auditor ISO 14001?

Mari kita lihat beberapa Syarat dan kompetensi yang harus dimiliki auditor ISO 14001 :

  • Pelatihan Formal: Apakah tersedia eksternal atau internal, pelatihan auditor resmi dapat membantu dalam memberikan auditor Anda dasar untuk menjadi auditor internal yang efektif. Ada banyak pilihan pelatihan yang tersedia, dengan menghubungi penyedia pelatihan Anda untuk memastikan standar pelatihan yang diberikan adalah standar yang dapat diterima di industri Anda.
  • Pendidikan: Meskipun tidak dianggap wajib untuk posisi seperti ini, orang-orang dengan kualifikasi di beberapa disiplin ilmu (misal teknik lingkungan ataupun K3) dapat menjadi auditor yang lebih efektif daripada yang lain (missal akuntan, perencana keuangan).
  • Kompetensi: Karyawan dengan keterampilan tertentu mungkin bisa menjadi auditor yang lebih efektif daripada yang lain. Orang-orang proses produksi atau desain produk yang kompleks mungkin memiliki mata yang superior untuk detail daripada individu yang bekerja di bidang kreatif, misalnya. Akan sangat membantu untuk mempertimbangkan sifat kepribadian tertentu ketika mempertimbangkan calon untuk pelatihan audit internal.
  • Kepribadian: Sebagaimana ditunjukkan di atas, orang-orang tertentu mungkin memiliki kepribadian yang lebih baik daripada yang lain untuk tugas ini. Serta perhatian terhadap detail, akan membantu untuk memilih auditor internal yang memiliki rasa ingin tahu. Auditor juga perlu memiliki sikap komunikator yang efektif, juga, karena fungsi ini pasti akan membutuhkan banyak kontak dengan karyawan lain dan stakeholder Sistem Manajemen Lingkungan.
  • Memiliki Pengetahuan Terkait: Memiliki pengetahuan tentang ISO 14001 sangat penting untuk fungsi audit internal dalam hal memastikan SML Anda memenuhi semua kepatuhan legislatif dan standar ISO 14001. Juga, auditor internal akan sangat jauh lebih efektif pada elemen ini jika dia memiliki pengetahuan tentang proses internal dan semua input dan output yang terkait.
  • Pengalaman: Hal ini cukup beralasan bahwa pengalaman dengan fungsi audit internal, proses perusahaan secara umum, dan unsur-unsur yang serupa dalam peran sebelumnya dapat membantu auditor menjadi efisien. Seorang karyawan yang berpengalaman akan cenderung memiliki keunggulan atas karyawan baru ketika menganalisis isu-isu penting untuk pemeriksaan di audit internal.

Untuk dapat lebih memahami tentang internal audit ISO 14001 anda bisa menghubungi kntan dibawah ini.

Worldwide Quality Assurance
Graha ISKA 5th Floor
Jl Pramuka Raya No. 165
Central Jakarta, 10570 Indonesia
Phone : +6221 – 4260769
Fax : +6221 – 4243523
Hotline/Whatsapp +628111496821
Email : jakarta@wqa-sea.com

Share this

Related Posts