Language : EnglishFilipinoIndonesianJapaneseKoreanMalayThai
 

10 Pertanyaan Sederhana Akhir Tahun Yang Menyenangkan

Sebelum kita membuat Resolusi Tahun Baru, cobalah evaluasi tahun 2019 yang menyenangkan ini. Kesibukan yang memakan waktu kita setiap hari, membuat kita sering mengabaikan waktu untuk evaluasi dan membuat perbaikan dalam peningkatan diri. Intinya evaluasi dibutuhkan agar kita bisa mengambil pelajaran untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi diri kita ditahun depan.

Pertanyaan Refleksi Akhir Tahun

  1. Apa salah satu kejutan menyenangkan yang anda alami sepanjang tahun ini? Misalnya, anda mendapatkan hadiah doorprize dari undian yang diikuti, anda bisa menguasai renang gaya kupu-kupu padahal sudah beberapa tahun tidak berhasil, ikutan komunitas baru yang sangat menyenangkan, mendapatkan pekerjaan baru.
  2. Apa prestasi yang paling anda banggakan dari tahun ini? Misalnya, bisa mencapai target tertentu, bisa memenuhi sebagian resolusi tahun ini.
  3. Apa pembelian favorit Anda tahun ini dan mengapa? Misalnya, jam tangan olahraga yang membuat semakin disiplin untuk berlari.
  4. Apa kebiasaan atau rutinitas baru yang Anda buat tahun ini yang meningkatkan efektifitas pribadi atau di tempat kerja? Ini bisa sangat kecil. Sebagai contoh, saya memiliki kebiasaan yang baik untuk mengisi daya laptop saya di malam hari dan setiap kali saya keluar sehingga, setiap kali saya menggunakannya, saya tidak perlu terhubung ke kabelnya. Atau membeli stop kontak timer untuk mengisi daya HP setiap malam.
  5. Kebiasaan jelek apa yang bisa anda hentikan ditahun ini ? misalnya tahun ini saya berhenti minum kopi saset, berhenti berurusan dengan hutang kartu kredit. Tahun ini saya selalu datang tepat waktu.
  6. Hubungan positif terbaik apa yang terjadi ditahun ini ? Misalnya, Anda mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan seorang kolega yang sebelumnya tidak Anda kenal.
  7. Keterampilan baru apa yang telah anda kuasai tahun ini? Jawaban Anda bisa terkait dengan teknologi digital, memasak, pekerjaan, atau apa pun yang anda inginkan.
  8. Kesenangan sederhana apa yang paling anda nikmati tahun ini? Misalnya, bisa berkumpul dengan keluarga, atau bertemu dengan teman lama disuatu acara reuni. Mendapatkan tugas dinas berkunjung ke daerah baru yang belum pernah dikunjungi. Bisa bertemu dengan orang tua lebih sering.
  9. Apa yang telah saya lakukan yang membuat pekerjaan saya lebih menyenangkan tahun ini ? Misalnya tahun ini saya merubah cara berpakaian lebih kasual, atau saya lebih terlibat dibeberapa proyek diluar area saya, saya lebih terlibat dengan kegiatan sosial di kantor.
  10. Apa yang sangat menginspirasi anda ditahun ini ? Misalnya melihat kesuksesan dari teman saya yang dari awal bekerja dengan keras dan penuh jatuh bangun, menonton kemenangan tim bola favorit saya setelah mereka kebobolan 0-3 di babak pertama, bertemu dengan teman yang kembali kejalan yang benar setelah sempat tersesat sebelumnya.

Semoga dengan pertanyaan sederhana ini mendorong kita untuk melihat prestasi dan kesuksesan pribadi yang sering kita abaikan. Dan berharap tahun depan kita bisa lebih baik dalam membuat perencanaan dan resolusi diawal tahun. Selamat tahun baru 2020. Semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua…. amin

 

 

Categories: artikel,News

Tags:

Comments are closed