Language : EnglishFilipinoIndonesianJapaneseKoreanMalayThai
 

Rutinitas Sederhana di Awal Tahun

Selamat datang ditahun 2020. Tahun yang penuh tantangan dan kesempatan. Awal tahun baru adalah waktu yang tepat untuk mengetahui posisi organisasi kita saat ini dan mengalihkan perhatian kita ke masa depan. Apa tujuan bisnis untuk tahun yang akan datang, dan perencanaan seperti apa yang perlu kita lakukan untuk mencapainya?

Diawal tahun setiap individu dan organisasi biasa untuk membuat target baru, tujuan baru, resolusi baru, rencana baru, impian, dan arah baru. Banyak orang menemukan resolusi Tahun Baru yang mengintimidasi dan menakutkan tetapi kita dapat mengambil tindakan untuk mencapai tujuan baru dengan lebih semangat dan terencana. Berikut beberapa aktifitas sederhana yang bisa kita lakukan diawal tahun untuk menjadikan tahun ini lebih baik.

  1. Evaluasi semua pencapaian & strategi ditahun lalu. Bagaimana kinerja organisasi ? Dari hasil evaluasi ini kita baru bisa menentukan target ditahun ini dan strategi apa yang bisa dipertahankan dan atau strategi baru apa yang harus dilakukan. Lakukan pemeriksaan realitas. Angka penjualan adalah salah satu cara untuk mengukur kinerja organisasi, tetapi kesuksesan organisasi dapat berarti di banyak hal. Profit mungkin merupakan faktor utama, tetapi juga pertumbuhan bisnis, penyebaran bisnis diarea baru, pengakuan dari pihak luar, produk baru yang mulai berkembang, keterlibatan dari karyawan yang lebih baik. Sekali lagi, evaluasi pencapaian tahun lalu dengan melibatkan visi, misi, dan nilai-nilai organisasi.
  1. Tetapkan target atau tujuan yang ingin dicapai tahun ini. Meskipun organisasi terkadang sudah memiliki rencana strategis 5 tahun kedepan, target tahunan tetap harus dirumuskan kembali dengan melibatkan pencapaian sebelumnya. Langkah pertama menuju rencana strategis apa pun adalah menentukan ke mana tujuan organisasi, jadi jelaskan secara konkret apa yang ingin organisasi capai tahun ini. Lebih spesifik, terukur, realistik, relevan dengan bisnis dan waktunya. Jangan hanya menyatakan ingin meningkatkan penjualan. Seberapa banyak? Produk apa? Di daerah mana? Berapa lama? Semakin jelas semakin mudah memetakan cara untuk mencapai tujuan organisasi.
  1. Identifikasi kembali kontek organisasi anda. Untuk diingatkan bahwa defenisi kontek adalah semua masalah atau isu internal dan eksternal yang akan mempengaruhi organisasi mencapai target atau tujuan yang diinginkan. Misalnya masalah kompetensi, pengaruh digital terhadap bisnis, perubahan yang terjadi di pelanggan.
  1. Buat strategi untuk implementasi. Mulai dengan perencanaan atau strategi. Anda punya rencana pribadi dan untuk pekerjaan apa tahun ini? Apa cara terbaik untuk memenuhi tujuan tersebut? Apakah bersifat strategis & operasional ?. Tulislah dalam bentuk list jurnal, dan rasakan kepuasan setiap kali kita mampu mencoret sesuatu dari daftar itu. Luangkanlah waktu untuk selalu evaluasi kinerja dan strategi yang sudah dibuat.
  1. Mengetahui prioritas utama dari strategi yang sudah dibuat, mana yang akan sangat berpengaruh untuk mencapai target utama organisasi. Beri prioritas dan habiskan waktu lebih banyak untuk menjalankan strategi tersebut. Ketika Liverpool gagal menjadi juara liga Inggris, pelatih Jurgen Klop menemukan titik kelemahan utama di pertahanan. Untuk itu dia memutuskan akan membeli semahal apapun bek dan kiper terbaik untuk tim nya. Kita ketahui saat ini bagaimana pencapaian tim tersebut.
  1. Perbaikan atau improvement apa yang akan organisasi terapkan ditahun ini ? Albert Eeinstein mengatakan “Kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang-ulang dengan mengharapkan mendapatkan hasil yang berbeda.” Untuk itu organisasi harus mau meluangkan waktunya dengan serius untuk merumuskan perbaikan apa yang akan dilakukan tahun ini ?
  1. Tuliskan resolusi pribadi ditahun baru. Keberhasilan suatu organisasi tidak terlepas dari kompetensi dan semangat baru orang yang terlibat didalamnya. Resolusi pribadi ini akan memulihkan dan memperbaharui semangat kita. Misalnya memulai kebiasaan baru, belajar sesuatu yang baru, berkunjung ke tempat baru.

Semoga dengan perencanaan dan strategi yang lebih baik, tahun 2020 ini akan membawa kebaikan bagi kita semua…

A year from now you will wish you had started today – Karen Lamb

(AR)

Categories: artikel,News

Tags:

Comments are closed