5 Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Positif

Lingkungan kerja yang nyaman akan mendukung atmosfer positif dan bisa berpengaruh terhadap kinerja sumber daya manusia. Sehingga meningkatkan dan memberikan dampak positif untuk stabilitas profit perusahaan.

Terwujudnya lingkungan kerja yang positif merupakan dukungan dari semua lini sumber daya manusia di perusahaan. Mulai dari pemimpin hingga karyawan di suatu perusahaan tersebut.

Langkah Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman di Perusahaan

Membangun lingkungan kerja yang kondusif bukan sekadar membuat karyawan merasa nyaman. Tapi juga membuat produktivitas sumber daya menusia meningkat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, antara lain sebagai berikut.

1. Buat Suasana Tempat Bekerja Nyaman

Model tempat kerja yang membuat karyawan duduk terlalu lama di satu titik saja bisa menyebabkan kebosanan. Hal tersebut dapat memicu karyawan mudah mengalami born out.

Tempat kerja bisa didesain senyaman mungkin. Misalnya dengan menambahkan tanaman hias, meja lesehan, lokasi outdoor, dan sebagainya. Desain tema bisa menyesuaikan dengan kebutuhan karyawan.

2. Memberikan Kebebasan kepada Karyawan

Kebebasan yang dimaksudkan adalah memberikan kemudahan mereka dalam memperoleh hak. Karyawan adalah manusia, bukan robot yang terus melakukan sesuatu secara terus-menerus.

Contoh kebebasan misalnya mengizinkan mereka berpindah tempat kerja di ruangan lain, melakukan jeda untuk pemanasan jika duduk terlalu lama, dan banyak lagi lainnya.

Hal kecil semacam itu cukup dibutuhkan setiap individu dan merekalah yang mengerti kapan tubuhnya perlu jeda dari pekerjaan. Membuat karyawan merasa nyaman merupakan seni dalam memimpin

3. Rekrut Karyawan dengan Kepribadian Positif

Karyawan dengan kepribadian negatif bisa menyebabkan lingkungan kerja tidak kondusif. Tugas HRD adalah menyeleksi saat proses perekrutan karyawan. Tidak hanya menilai dari sisi kompetensi keahlian dalam bekerja tapi juga kepribadian.

Tes kepribadian bisa dilakukan saat proses perekrutan sebagai langkah untuk mengetahui gambaran pribadi karyawan. Pasalnya kepribadian seseorang juga berpengaruh pada kualitas kinerja nantinya.

4. Konsep Sistem Kerja yang Tidak Kaku

Membudayakan saling sapa setiap anggota di dalam kantor seringkali dilupakan. Saling sapa dan budaya ramah tersebut akan membantu suasana lingkungan menjadi positif.

Berbagi ide dalam rapat dengan tidak membedakan pendapat dari siapapun. Semua anggota berhak mengutarakan pendapatnya dan menghargai ide dari setiap individu. Hal ini akan menciptakan proses komunikasi yang positif.

5. Menyediakan Peralatan untuk Kebutuhan Pekerjaan

Peralatan dan perlengkapan kantor yang lengkap akan membantu efisiensi dan efektifitas kinerja. Selain dari segi dana, para karyawan juga akan lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan ketimbang memikirkan operasional.

Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman memberikan banyak keuntungan bagi keberlangsungan perusahaan. Hal tersebut dapat diwujudkan jika perusahaan memiliki pemimpin dengan kemampuan manajemen yang baik.

Worldwide Quality Assurance ( APAC ) :
Graha ISKA 5th Floor, Jl Pramuka Raya No. 165
Central Jakarta, 10570 Indonesia
Phone : +6221 – 4260769
Fax : +6221 – 4243523
Hotline/Whatsapp : +628111496821
Email : jakarta@wqa-sea.com

Share this

Related Posts

Jadwal Buka Puasa 2024 dan Imsakiyah

Puasa  Ramadhan  jatuh pada bulan Maret 2024 , maka 1 bulan penuh kedepan sudah dipastikan seluruh umat muslim di Indonesia dan seluruh dunia khususny...