Language : EnglishFilipinoIndonesianJapaneseKoreanMalayThai
 

Cuci Tangan 20 Detik : Fokus ke Caranya Bukan Waktunya

Dimasa pandemi corona ini, kita sering mendengar dan membaca mengenai kewajiban mencuci tangan selama 20 detik. Dan dari kecil kita sudah sering mendengar jargon, cucilah tangan sebelum makan. Menjaga kebersihan tangan adalah salah satu langkah paling penting yang bisa kita ambil untuk menghindari paparan dari virus covid 19 dan atau penyakit lainnya. Banyak penyakit dan kondisi menyebar dengan tidak mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir. WHO merekomendasikan untuk membersihkan tangan dengan cara tertentu agar tidak sakit dan menyebarkan kuman & virus ke orang lain. WHO sudah mengeluarkan panduan untuk mencuci tangan yang efektif dan penggunaan pembersih tangan dikembangkan berdasarkan data dari sejumlah penelitian.

Sayang nya jargon mencuci tangan 20 detik ini tidak dipahami dengan benar. Kita lebih fokus ke waktu mencuci tangan, daripada urutan dan area yang dicuci. Dalam suatu kesempatan, 95% peserta training mengaku sudah memahami dan praktekkan cara mencuci tangan 20 detik. Lalu ketika ditanya kembali pertanyaan yang sama, setelah mereka menonton dan melihat video dan gambar urutan pencucian tangan yang resmi dari WHO, hanya 20% yang mengaku mempraktekkannya. Harus dipahami ketika kita tidak mempraktekkan urutan pencucian tangan dengan benar, kuman, virus, bakteri bisa saja masih menempel pada tangan kita.

cara-mencuci-tangan-x

Jika memungkinkan, lepaskan perhiasan seperti cincin, gelang, dan jam tangan terlebih dahulu sehingga Anda dapat menggosok tangan Anda tanpa ada yang menghalangi. Basahi tangan Anda dengan air bersih yang mengalir (hangat atau dingin). Anda membasahi tangan Anda sebelum menambahkan sabun sehingga air dapat membantu melarutkan sabun dan melakukan tugasnya untuk menghilangkan kotoran dan kuman. Jangan lupa matikan keran untuk menghemat air.

Oleskan sabun ke tangan yang basah. Sabun sangat penting untuk membunuh kuman di tangan Anda. SARS-COV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, dibungkus dengan membran yang dapat dihancurkan oleh busa dari sabun. Menggunakan sabun untuk mencuci tangan lebih efektif daripada menggunakan air saja karena surfaktan dalam sabun mengangkat tanah dan mikroba dari kulit, dan orang-orang cenderung menggosok tangan secara lebih menyeluruh ketika menggunakan sabun, yang selanjutnya menghilangkan kuman & virus.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak ada manfaat kesehatan tambahan bagi konsumen jika menggunakan sabun yang mengandung bahan antibakteri dibandingkan dengan menggunakan sabun biasa. Lapisi tangan Anda dengan menggosoknya bersama sabun. Mikroba, termasuk virus, dapat hidup di seluruh tangan Anda, jadi Anda ingin memastikan bahwa Anda mengenai semua area. Ujung jari, ibu jari, dan sela-sela di antara jari-jari Anda biasanya terlewatkan. Pastikan untuk menyabuni punggung tangan Anda, di antara jari-jari Anda, dan di bawah kuku Anda. Mengapa? Menyabuni dan menggosok tangan menciptakan gesekan, yang membantu mengangkat kotoran, minyak, dan mikroba dari kulit. Mikroba hadir di semua permukaan tangan, seringkali dalam konsentrasi tinggi di bawah kuku, sehingga seluruh tangan harus digosok.

Gosok tangan Anda setidaknya selama 20 detik. Untuk mengukur waktunya ? Nyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” dari awal hingga akhir dua kali. 20 detik dimulai ketika Anda memiliki sabun di tangan Anda, dalam proses menyabuni. Lamanya waktu optimal untuk mencuci tangan juga tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis dan jumlah kotoran di tangan dan pengaturan orang yang mencuci tangan. Misalnya, ahli bedah kemungkinan akan bersentuhan dengan kuman penyebab penyakit dan berisiko menularkan infeksi serius pada pasien yang rentan, sehingga mereka mungkin perlu mencuci tangan lebih lama dibandingkan dengan seorang sebelum ia menyiapkan makan siangnya sendiri di rumah.

Intinya mencuci tangan dengan benar ini, bukan hanya dilakukan dalam rangka mencegah penularan Covid 19, tetapi harus menjadi bagian dari budaya hidup sehat kita.

Source : WQA, WHO & CDC

Silakan Download Poster HD – Infografik Cuci Tangan 20 Detik pada link dibawah ini

Download Poster

 

Categories: artikel,News

Tags:

Comments are closed