Language : EnglishFilipinoIndonesianJapaneseKoreanMalayThai
 

ISO 26000 Untuk Social Responsibility

ISO 26000 adalah standar internasional yang memberikan panduan dan menetapkan prinsip dan pedoman social responsibility / tanggung jawab sosial. Standar ini Dikembangkan untuk membantu organisasi dengan menilai dan mengatasi tanggung jawab sosial seperti pelanggan dan masyarakat serta dampak lingkungan dari proses mereka.

Standar ini menawarkan panduan menyeluruh dan saran yang efektif bagi organisasi untuk beroperasi dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial, seperti melalui prosedur implementasi untuk mengadopsi standar. ISO 26000 ini hanya menawarkan panduan bukan sertifikasi.

ISO 26000 dikembangkan untuk menanggapi kebutuhan dunia yang berkembang untuk praktik terbaik yang jelas dan selaras tentang bagaimana memastikan keadilan sosial, Ekosistem yang sehat dan tata kelola organisasi yang baik, dengan tujuan akhir untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

Pedoman standar ISO 26000 berputar di sekitar 7 titik sentral yang disorot di bawah ini:

  • Tata kelola organisasi;
  • Hak asasi Manusia;
  • Praktik perburuhan;
  • Tanggung jawab lingkungan;
  • Keadilan praktik organisasi;
  • Masalah perlindungan konsumen dan konsumen;
  • Komunitas yang berkembang dan berkembang.

7 poin ini kemudian dibagi lagi menjadi beberapa area berikutnya yang mungkin tumpang tindih. Bergantung pada setiap masalah, standar ini memberikan pedoman dan strategi implementasi yang tepat bagi organisasi untuk menilai sendiri status mereka saat ini dan menetapkan tujuan yang dapat dicapai.

Apa itu social responsibility dan seberapa pentingnya. ?

social responsibility menentukan bahwa perusahaan memiliki tugas yang melekat untuk bertindak demi kepentingan lingkungan dan masyarakat. Tujuan utama dari tanggung jawab sosial adalah untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. Organisasi, bagaimanapun, memainkan peran penting dalam kaitannya dengan masyarakat di mana mereka beroperasi, dan mereka memiliki tanggung jawab moral untuk beroperasi dengan cara yang memastikan mereka menjaga ekosistem yang sehat dan kesetaraan sosial.

ISO 26000 telah menekankan bahwa faktor penting dalam beroperasi secara efisien untuk bisnis adalah kemampuannya untuk mengejar kinerja ekonomi sambil mematuhi undang-undang sosial dan lingkungan. Organisasi menjadi semakin sadar, karena tekanan sosial, akan pentingnya dan perlunya perilaku yang bertanggung jawab secara sosial, sebagian karena kegiatan mereka bergantung pada kesehatan ekosistem dunia dalam jangka panjang.

Bagaimana sebuah organisasi mendapat manfaat dari tanggung jawab sosial?

implementasi kebijakan dan pedoman yang dijabarkan dalam ISO 26000 memberi perusahaan:

  • Reputasi yang lebih baik;
  • Meningkatnya kemampuan untuk menarik dan mempertahankan pekerja serta pelanggan dan pemangku kepentingan;
  • Pemeliharaan moral, komitmen, dan produktivitas karyawan;
  • Persepsi publik yang menguntungkan dengan investor, pemilik, donor dan kepentingan keuangan.
  • Peningkatan hubungan eksternal dengan perusahaan lain, media dan komunitas.

ISO 26000 juga menawarkan panduan bagi perusahaan untuk menemukan keunggulan kompetitif dengan mengadopsi posisi berkelanjutan yang membedakan perusahaan Anda sebagai pilihan yang lebih baik di antara pesaing Anda. Tanggung jawab sosial dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam pembangunan merek.

Anda ingin mengasosiasikan nama perusahaan Anda dengan citra positif dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menerapkan strategi yang bertanggung jawab secara sosial ke dalam kebijakan perusahaan yang dapat dipuji secara universal. Anda bahkan mungkin membuka pintu untuk peluang pemasaran lebih lanjut dan juga merek-bersama.

Categories: artikel,News

Tags:

Comments are closed