Manajemen Keuangan – Definisi, Fungsi, Tujuan

Setiap perusahaan perlu menerapkan aturan yang jelas dalam membuat kebijakan apapun, terutama jika keputusan yang diambil berkaitan dengan keuangan.

Karena jika pengelolaan keuangan tidak dilaksanakan dengan benar, maka bisa berdampak pada kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Para pemilik perusahaan perlu mengenal lebih jauh mengenai manajemen keuangan.Mulai dari definisi, fungsi, tujuan, hingga tips mengelola keuangan dengan baik dalam sebuah perusahaan.

Definisi Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan merupakan kegiatan yang vital dan sangat penting dalam setiap organisasi. Pengelolaan keuangan merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pemantauan sumber daya keuangan untuk mencapai tujuan dan target perusahaan.

Manajemen ini merupakan cara yang ideal dan efektif untuk mengendalikan aktivitas keuangan. Penggunaan dan manajemen keuangan menjadi salah satu contohnya, penggunaan dana meliputi pembayaran, resiko, dan segala hal lain yang berkaitan dengan uang.

Manajemen keuangan pada dasarnya ialah segala upaya mulai dari perencanaan, pengelolaan, menyimpan, dan mengendalikan aset maupun dana perusahaan.

Segala aktivitas harus dilakukan dengan seksama, teliti dan hati-hati, hal ini difungsikan untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi.

Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan peralatan pendukung yang mumpuni, misalnya program pembukuan, dan program laporan keuangan.

Lima tujuan utama perusahaan ketika menerapkan manajemen keuangan, yakni:

Menjaga Agar Arus Kas Tetap Lancar

Tujuan pertama adalah untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki arus kas yang lancar dan sehat.

Dengan menerapkan manajemen keuangan dapat membantu perusahaan dalam memantau jumlah pemasukan atau pengeluaran.

Melalui monitoring atau pemantauan, perusahaan dapat mengantisipasi agar arus kas tidak berujung merugikan.

Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Keuangan Perusahaan

Setiap plan perusahaan terkait keuangan, sangat terikat dengan upaya peningkatan efisiensi dana perusahaan. Anda dapat melakukan pemantauan dengan cara menghilangkan biaya yang dianggap tidak efektif dan menggantinya dengan kegiatan yang lebih menguntungkan.

Meningkatkan Profit Perusahaan

Pengelolaan keuangan juga dapat digunakan ketika Anda ingin mencapai tujuan utama perusahaan yaitu untuk mencapai keuntungan yang lebih tinggi. Anda bisa mencapai hal tersebut dengan menerapkan perencanaan keuangan yang matang.

Memudahkan Perencanaan Struktur Modal

Dengan menggunakan pengelolaan keuangan, Anda juga bisa lebih mudah dalam merencanakan struktur modal perusahaan. Di sini, perusahaan dapat menyesuaikan komposisi modal untuk menyeimbangkan antara ekuitas dan utang perusahaan.

Memastikan Keamanan Investasi

Tujuan akhir dari penerapan pengelolaan keuangan adalah untuk menilai tingkat keamanan dalam kegiatan investasi dalam perusahaan. Dengan begitu, investasi perusahaan dapat memberikan imbal hasil yang positif terhadap kenaikan profit.

Apa saja fungsi manajemen keuangan ? Berikut ini penjelasannya!

Untuk Memperkirakan Kecukupan Modal

Adanya pengelolaan keuangan memungkinkan manajer keuangan untuk memprediksi kecukupan modal perusahaan. Caranya dengan menilai estimasi secara tepat sehingga dapat meningkatkan kapasitas pendapatan perusahaan.

Untuk Menilai Komposisi Modal

Setelah perusahaan Anda melakukan estimasi, langkah selanjutnya adalah menentukan struktur modal. Tahap ini membutuhkan analisis rasio utang terhadap ekuitas dalam jangka pendek atau panjang.

Nah, laporan tentang analisis rasio ini bisa Anda dapatkan dengan menerapkan pengelolaan keuangan yang tepat.

Membantu Perusahaan dalam Pengambilan Keputusan

Fungsi manajemen keuangan berikutnya adalah sebagai acuan perusahaan terkait keputusan untuk memilih sumber pendanaan yang efektif dan efisien.

Selain modal yang dimiliki perusahaan, terdapat beberapa pilihan sumber pendanaan dari pihak ketiga yang dapat diperoleh dengan sumber pendanaan yang tepat. Opsi sumber eksternal tersebut mencakup penerbitan saham, pinjaman bank atau lembaga keuangan, dan surat utang.

Mengelola Arus Kas

Pengelolaan keuangan juga berperan aktif dalam upaya pengelolaan kas perusahaan. Uang cash sangat penting bagi perusahaan karena dapat digunakan untuk membayar gaji karyawan, tagihan bulanan, kewajiban, pengeluaran bahan baku, dan sebagainya.

Mengontrol Keuangan

Tujuan terakhir dari penerapan pengelolaan keuangan adalah untuk mengendalikan keuangan perusahaan. Banyak cara yang dapat dilakukan sebagai upaya pengendalian keuangan perusahaan, seperti analisis keuangan, pengendalian biaya dan laba, analisis rasio, dan lain-lain.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai manajemen keuangan perusahaan yang perlu Anda ketahui untuk kemajuan bisnis atau usaha Anda. Mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, tips yang bisa Anda praktekkan.

Semoga dengan memahami penjelasan artikel ini dapat membantu Anda dalam mencari referensi terkait pengelolaan keuangan.

Share this

Related Posts

Sistem Manajemen Aset – ISO 55001

Perusahaan terus-menerus ditantang oleh bagaimana menyesuaikan praktik dari sistem manajemen aset mereka dengan ketidakpastian, perubahan, dan ambigui...