Tahun Baru Kebiasaan Baru

“Mulailah Hari Anda dengan Latihan Sederhana Ini”

 Awal tahun adalah saat yang tepat jika kita mau melakukan perbaikan, semangat awal tahun semoga bisa memberikan motivasi bagi kita untuk meningkatkan kinerja pribadi maupun organisasi. Apa yang ingin kita lakukan secara berbeda tahun ini? Apa yang rela kita korbankan agar akhirnya bisa menjalani kehidupan yang lebih baik dan kreatif ?

Seperti tahun baru sebelumnya, menuliskan banyak resolusi tidak ada salahnya. Tetapi tahun ini sambil duduk dan membuat daftar resolusi. Lakukanlah hal sederhana ini. Kita tidak perlu mempersiapkan. Kita tidak perlu membeli apa pun untuk mewujudkannya. Lakukan satu hal sederhana ini saja.

Hal sederhana ini dapat menyuntikkan optimisme ke dalam hari  kita. Latihan dua menit ini dapat membantu. Setiap pagi, yaitu dengan cara menyelesaikan tiga kalimat berikut (baik dituliskan di atas kertas, dengan suara keras, atau bahkan hanya dipemikiran kita) sebelum kita menyalakan komputer atau memulai pekerjaan harian.

 

Hari ini, saya akan fokus pada _____

Hari ini, saya bersyukur untuk _____

Hari ini, saya akan melepaskan _____

 

Pastikan untuk memberikan jawaban yang spesifik; menulis bahwa kita berterima kasih untuk keluarga, atau terimakasih masih memiliki pekerjaan dll masih terlihat umum dan belum spesifik dan hal ini tidak akan membantu. Buatlah yang lebih spesifik, misalnya terimakasih untuk dapat menghirup udara segar ketika berlari pagi tadi, atau terimakasih untuk kesempatan makan bersama sahabat Mr. Indra tadi malam. Saya akan melepaskan kekesalan terhadap lalulintas yang macet tadi pagi, saya akan melepaskan ketidaknyamanan terhadap pelayanan buruk dari vendor X. dll.

Perbedaan yang dibuat oleh latihan kecil ini semoga bermanfaat bagi kita. Karena sebenarnya, kita rata-rata hanya aktif dan bangun sekitar 1.000 menit setiap hari. Jika kita dapat menginvestasikan hanya dua dari mereka untuk mempersiapkan pikiran kita untuk hal yang positif, maka kita akan membantu memastikan sisa 998 menit lainnya dari hari-hari kita akan lebih baik dan positif.

“And now we welcome the new year. Full of things that have never been.” Rainer Maria Rilke

 

Sumber :

  • Pasricha – HBR
  • WQA Learning

 

Share this

Related Posts

Sistem Manajemen Aset – ISO 55001

Perusahaan terus-menerus ditantang oleh bagaimana menyesuaikan praktik dari sistem manajemen aset mereka dengan ketidakpastian, perubahan, dan ambigui...