Language : EnglishFilipinoIndonesianJapaneseKoreanMalayThai
 

Pahami Ergonomi Mencegah Cedera Ketika WFH

Lingkungan kerja yang aman dan sehat merupakan lingkungan kerja yang produktif. Semua perusahaan harus berusaha keras untuk menciptakan ruang kerja yang ergonomis. Praktik ergonomis yang buruk dapat menyebabkan produktivitas yang lebih rendah dan dalam kasus ekstrim akan menyebankan cedera fisik, yang jelas buruk untuk bisnis.

Ergonomi adalah proses merancang atau mengatur tempat kerja sehingga sesuai dengan orang yang menggunakannya. Ergonomi bertujuan untuk meningkatkan tempat kerja dan lingkungan untuk meminimalkan risiko cedera atau bahaya.

Disaat pandemi dimana banyak pekerja yang bekerja dari rumah, pemahaman ergonomis ini penting agar produktifitas, keamanan & kesehatan selama WFH tidak memburuk. Selama WFH tanggung jawab setiap karyawan untuk memastikan mereka memahami dan menggunakan ergonomis yang baik di tempat kerja mereka sendiri.  Banyak dari kita menghabiskan berjam-jam di tempat kerja kita setiap hari. Kebiasaan buruk dan postur yang salah dapat menyebabkan sakit leher dan punggung atau pergelangan tangan dan jari yang sakit.

Beberapa praktek ergonomi yang tepat yang dapat membantu Anda tetap nyaman di tempat kerja baik ketika di kantor dan dirumah.

Postur kerja yang baik

Pekerja harus bisa duduk atau berdiri dalam posisi tubuh netral dengan postur santai yang tidak memerlukan sudut stres atau jangkauan berlebihan untuk menyelesaikan tugas.

Pekerja harus bisa duduk dengan posisi tangan & pergelangan tangan lurus dan lengan bawah dan paha sejajar dengan lantai. Kepala harus rata, menghadap ke depan tanpa berbelok ke kiri atau kanan, dan umumnya sejajar dengan batang tubuh.

Kursi dan meja yang dapat disesuaikan

Untuk mendorong postur yang baik dan posisi tubuh yang netral, gunakan kursi, meja, dan peralatan yang dapat disesuaikan tinggi-rendahnya. Semakin banyak posisi yang dapat disesuaikan dengan kursi dan meja, semakin dapat disesuaikan dengan individu yang menggunakannya. Dalam hal ergonomi, satu ukuran pasti tidak cocok untuk semua. Dorong pinggul Anda sejauh mungkin di kursi. Sesuaikan ketinggian kursi sehingga kaki Anda rata di lantai dan lutut Anda sama atau sedikit lebih rendah dari pinggul Anda. Gunakan sandaran kaki jika perlu.

Tinggi dan jarak tampilan yang tepat

Monitor dan perangkat tampilan lainnya harus ditempatkan sejajar dengan mata orang yang menggunakannya. Melihat layar seharusnya tidak memerlukan ketegangan pada leher atau menyipitkan mata. Ergonomi menentukan bahwa individu tidak diharuskan untuk memutar leher mereka ke kiri, kanan, atas, atau bawah untuk melihat layar. Posisikan bagian atas monitor kira-kira 2 hingga 3 inci di atas ketinggian mata duduk. Duduklah setidaknya sejauh satu lengan dari layar, lalu sesuaikan jarak untuk penglihatan Anda

Posisi keyboard dan mouse

Penempatan keyboard dan mouse yang tepat sama pentingnya dengan postur dalam hal pemosisian tubuh yang netral. Jika individu meraih mouse pada sudut yang buruk atau harus melanggar aturan paralel sejajar untuk siku dan pergelangan tangan, mereka akan kehilangan posisi netral.

  • Lengan atas dekat dengan tubuh
  • tangan berada pada atau sedikit di bawah siku.
  • Keyboard dan mouse harus ditempatkan di tempat yang dapat diakses tanpa melanggar aturan pemosisian netral. Selain itu, kedua perangkat harus disesuaikan untuk orang yang menggunakannya. Ini mungkin memerlukan perangkat yang dapat disesuaikan atau mungkin perangkat yang berbeda untuk pengguna yang berbeda. Fleksibilitas adalah kuncinya.

Berdiri dan bergerak

Ini mungkin tip paling penting dan mudah untuk dilaksanakan. Sederhana saja. Sekali dalam satu jam, para pekerja harus berdiri dan mengambil kesempatan beberapa menit untuk berjalan misalnya untuk mengambil minuman, melihat ke luar jendela, atau apa pun yang membuat mereka bangkit dari kursi mereka.

Pengaturan lingkungan

Sering diabaikan ketika membahas ergonomi adalah lingkungan kerja secara keseluruhan. Pencahayaan, suhu, kelembapan, dan kenyamanan yang tepat merupakan hal yang ergonomis.

Pencahayaan seharusnya tidak menyebabkan silau pada layar komputer, yang berarti bahwa banyak pengaturan tempat kerja harus dilengkapi dengan sistem pencahayaan yang lebih lembut.

Pengaturan suhu sedikit lebih sulit karena preferensi setiap individu berbeda, tetapi setiap upaya harus dilakukan untuk mempertahankan suhu yang nyaman bagi sebanyak mungkin orang.

Melihat sekeliling

Melihat layar komputer sepanjang hari dapat menyebabkan kelelahan mata yang nyata. Untuk mengurangi tekanan pada mata, pekerja harus secara sistematis mengalihkan pandangan dari monitor setiap 10 hingga 20 menit atau lebih untuk fokus pada sesuatu yang berjarak lebih dari 6 m. Jam di dinding, pohon di luar jendela – apa pun bisa dilakukan. Mengubah fokus ke sesuatu di kejauhan akan menyebabkan mata menyesuaikan dan memberi kesempatan otot-otot fokus yang dekat untuk rileks.

Aksesori seperti pijakan kaki yang ergonomis, headset, tempat dokumen,

Mereka yang harus berbicara di telepon sepanjang hari akan membutuhkan headset untuk membebaskan tangan dan leher mereka. Individu yang diminta untuk membaca dokumen tercetak cenderung membutuhkan pemegang dokumen, lebih disukai yang dapat disesuaikan, dan mungkin juga pencahayaan yang baik. Simpan benda-benda penting — seperti telepon, stapler, atau bahan cetakan dekat dengan tubuh Anda untuk meminimalkan jangkauan.

Intinya dengan menerapkan proses ergonomis yang proaktif akan memberikan kita peluang untuk meningkatkan keselamatan, kenyamanan dan keamanan selama bekerja baik dikantor dan dirumah.

 

 

 

Categories: News

Comments are closed

Chat on whatsapp