Sistem Manajemen Aset – ISO 55001

Perusahaan terus-menerus ditantang oleh bagaimana menyesuaikan praktik dari sistem manajemen aset mereka dengan ketidakpastian, perubahan, dan ambiguitas dalam lingkungan bisnis saat ini.

Untuk mengatasi tantangan ini, Organisasi Standar Internasional (ISO) mengembangkan seri ISO 55000 (ISO 55000, ISO 55001, dan ISO 55002) standar internasional yang mencakup pengelolaan aset dalam bentuk apa pun. Seri ISO 55000 menjelaskan apa yang harus dilakukan perusahaan untuk memaksimalkan nilai asetnya secara berkelanjutan.

Apa itu ISO 55001 ?

ISO 55001 adalah standar yang berisi persyaratan untuk sistem manajemen aset.  Standar Internasional ini berisi persyaratan untuk penetapan, penerapan, pemeliharaan dan peningkatan sistem manajemen khususnya untuk manajemen aset.

ISO 55000 mendefinisikan aset sebagai barang, benda atau entitas yang memiliki nilai potensial atau aktual bagi suatu organisasi.

Nilai ini dapat berwujud atau tidak berwujud, keuangan atau non-keuangan, dan termasuk pertimbangan risiko dan kewajiban.

Aset fisik biasanya mengacu pada peralatan, inventaris, dan properti yang dimiliki oleh organisasi, seperti mesin, peralatan, furnitur dan kendaraan.

Serta aset tidak berwujud yang merupakan aset non-fisik seperti sewa, merek, aset digital, hak paten, lisensi, hak kekayaan intelektual, reputasi atau perjanjian.

Aktivitas mencakup merencanakan, membangun, mengoperasikan, memelihara, memperbarui, dan membuang aset. Rencana dalam manajemen aset menguraikan bagaimana perusahaan memperoleh nilai dari asetnya dengan mengoptimalkan kinerja, risiko, dan biaya di seluruh siklus hidup aset.

Apa tujuan dari ISO 55001 ?

Tujuan utama dari ISO 55001 adalah membantu organisasi mengelola siklus (life cycle) aset secara lebih efektif.

  • Untuk mencapai dan memastikan tingkat kinerja aset tertinggi dengan menyeimbangkan biaya, risiko, dan peluang organisasi.
  • Dengan menerapkan ISO 55001 organisasi akan memiliki kontrol yang lebih baik atas aktivitas sehari-hari, mencapai pengembalian yang lebih tinggi dengan aset mereka, dan mengurangi total biaya risiko.

Siapa yang bisa menggunakan ISO 55001 ?

Standar Internasional ini dapat digunakan oleh organisasi mana pun. Organisasi menentukan aset mana yang diterapkan Standar Internasional ini.

Standar Internasional ini terutama dimaksudkan untuk digunakan oleh:

  • Mereka yang terlibat dalam pembentukan, penerapan, pemeliharaan dan peningkatan sistem manajemen aset;
  • Mereka yang terlibat dalam memberikan aktivitas manajemen aset dan penyedia layanan;
  • Pihak internal dan eksternal untuk menilai kemampuan organisasi untuk memenuhi persyaratan hukum, peraturan dan kontrak dan persyaratan organisasi itu sendiri.

Standar ini dapat diterapkan untuk semua struktur organisasi perusahaan, dan untuk semua jenis aset. Hasil konkret terdiri dari pertumbuhan efektivitas disertai dengan penurunan dramatis dalam biaya per unit. Kerangka kerja ini juga mendukung peningkatan kinerja yang berkelanjutan dan menawarkan peningkatan untuk organisasi dari industri, jenis, atau ukuran apa pun.

Manfaat dari ISO 55001

  • Meminimalkan biaya dan meningkatkan keuntungan bisnis.
  • Alat manajemen dalam pengambilan keputusan untuk pengembangan berkelanjutan.
  • Administrasi proses dan aset perusahaan.
  • Pemantauan apa yang telah dilakukan yang membantu untuk tindakan di masa depan dan kebutuhan perbaikan.
  • Pelacakan yang baik dari akuisisi aset hingga pelepasan
  • Ciptakan manajemen dan keterlibatan tim yang lebih baik.
  • Peningkatan perkiraan pengeluaran secara keseluruhan.

Mengapa Manajemen Aset penting bagi organisasi?

ISO 55001 akan memandu organisasi menuju peningkatan manajemen aset yang signifikan dengan memungkinkan untuk memenuhi persyaratan pemangku kepentingan, bisnis, dan hukum. Ini adalah pertahanan perusahaan yang paling ampuh untuk menghemat uang dan waktu. Dengan mengelola aset dengan benar, organisasi akan dapat menggunakan aset yang tersedia dengan bijak dan memaksimalkan pemanfaatannya sekaligus memberikan nilai tambah bagi bisnis.

Ini dirancang untuk mendukung organisasi dalam penanganan proses dan risiko yang tepat, yang akan mengarah pada peningkatan kinerja perusahaan saat ini dan masa depan. Selain itu, penerapan Sistem Manajemen Aset yang sesuai dengan ISO 55001 memungkinkan organisasi untuk menyelaraskan tujuannya dengan tujuan sistem manajemen aset yang mengarahkan organisasi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Selain itu, ISO 55001 menyelaraskan tujuan organisasi dengan tujuan manajemen aset karena tujuan manajemen aset adalah mencapai tujuan organisasi.

Apa itu Sertifikasi ISO 55001?

Menjadi bersertifikat ISO 55001 berarti Anda mampu membantu organisasi Anda dalam mengembangkan pendekatan aktif untuk manajemen aset siklus hidup. Dengan sertifikasi ISO 55001 Anda menunjukkan keahlian Anda untuk dapat mendukung pertumbuhan organisasi Anda dengan:

  • mengelola aset secara efektif;
  • memitigasi dan mengelola risiko, dan
  • meningkatkan kinerja keuangan organisasi Anda.

Di dunia pasar keuangan yang kompleks dan selalu berubah saat ini, sertifikasi ISO 55001 sangat penting dalam membuktikan kemampuan untuk menjalankan operasi yang lebih efisien dan reputasi perusahaan yang baik. Selain itu, sertifikasi ini membantu Anda sebagai individu untuk membedakan diri Anda dari profesional lain yang terlibat dalam Manajemen Aset.

ISO juga menerbitkan standar lain untuk mendukung ISO 55001 ini ;

  • ISO 55000: Informasi tentang terminologi yang berlaku untuk Standar Internasional ini,
  • ISO 55002: Menyediakan pedoman untuk penerapan persyaratan yang ditentukan dalam ISO 55001.

Sumber :

ISO.org

WQA Learning

 

Sistem Manajemen Aset

Sistem Manajemen Aset

Share this

Related Posts

Good Storage Practice – GSP

Penyimpanan (storage) merupakan kegiatan penting dari manajemen rantai pasokan terpadu produk terutama untuk produk farmasi (Kedokteran). Penyimpanan ...