Pelaporan Human Capital Berdasarkan ISO 30414:2018

Beberapa tahun terakhir, telah banyak diskusi di antara para pemimpin sumber daya manusia (SDM) tentang bagaimana mengembalikan investasi yang berhubungan dengan SDM, dan bagaimana peran pengaturan SDM terhadap keberhasilan dan suksesnya organisasi.

Tahun 2021 Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) telah memperkenalkan persyaratan pengungkapan untuk perusahaan publik untuk memberikan wawasan kepada pemangku kepentingan dan investor tentang sumber daya manusia perusahaan. Efektif di tanggal 9 November 2020, mereka mewajibkan perusahaan publik untuk mengungkapkan jumlah karyawan dan deskripsi sumber daya manusia, termasuk ukuran atau tujuan sumber daya manusia seperti perencanaan bakat, pembelajaran dan pengembangan, keragaman dan keterlibatan. Ini membawa tingkat transparansi pengungkapan publik yang belum ada sebelumnya.

Tahun 2018 lalu ISO (Organisasi Standar Internasional) telah mengembangkan standar ISO 30414 yang akan memungkinkan organisasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dampaknya terhadap staf dan membantu memaksimalkan kontribusi karyawan untuk kesuksesan jangka panjang. Dr. Ron McKinley, Ketua komite teknis ISO yang mengembangkan standar tersebut, mengatakan “Pelaporan tenaga kerja adalah tentang memikirkan kembali bagaimana nilai organisasi harus dipahami dan dievaluasi, dan memungkinkan pengambilan keputusan berbasis data di seluruh manajemen tenaga kerja.” Standar ini memberikan pedoman untuk pelaporan sumber daya manusia (HCR) baik untuk internal dan eksternal.

Apa itu ISO 30414?

ISO 30414 adalah pedoman pertama untuk pelaporan human capital yang dirilis oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) pada akhir tahun 2018. ISO 30414 memberikan panduan tentang metrik modal manusia yang harus dilaporkan perusahaan secara internal dan yang harus mereka ungkapkan kepada publik . Standar tersebut mencakup rincian tentang evaluasi, pengukuran, dan pemformatan data.

Tujuan utamanya adalah untuk membuat kontribusi sumber daya manusia ke bisnis lebih transparan kepada investor.

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) mengumumkan pada di tahun 2020 bahwa mereka mengadopsi Persyaratan Pengungkapan data human capital baru untuk perusahaan publik yang melaporkan/mendaftar di bursa AS, menjadikan ISO 30414 jauh lebih relevan bagi perusahaan yang berkomitmen pada prinsip-prinsip LST.

Mengapa ISO 30414

Pelaporan keuangan tradisional berisi informasi minimal tentang efektivitas dan produktivitas manajemen bakat organisasi dalam kaitannya dengan pendapatan dan laba. Standar Pelaporan Sumber Daya Manusia ISO 30414 mengatasi kekurangan ini dengan rekomendasi untuk mengungkapkan serangkaian metrik yang diakui secara internasional yang mencakup semua bidang manajemen bakat.

Berikut adalah daftar metrik yang dicakup oleh ISO 30414.

  • Kepatuhan dan etika;
  • Biaya;
  • Keberagaman/diversity;
  • Kepemimpinan;
  • Budaya organisasi;
  • Kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan organisasi;
  • Produktifitas;
  • Rekrutmen, mobilitas dan pergantian;
  • Keterampilan dan kemampuan;
  • Perencanaan suksesi;
  • Ketersediaan tenaga kerja.

Dibutuhkan pemahaman mengenai ISO 30414 ini untuk bisa membuat pelaporan human capital yang dapat memenuhi panduan dari ISO. Contohnya yang baru saja diselenggarakan untuk itu PT PLN Persero, sebagai penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan umum dalam jumlah dan mutu yang memadai dan melaksanakan penugasan Pemerintah di bidang ketenagalistrikan sudah menyelenggarakan pelatihan Awareness, Understanding & Implementing ISO 30414, Workshop Perhitungan Metrik ISO 30414 & Internal Auditor untuk ISO 30414 yang dipandu dan fasilitasi oleh team WQA.

Dengan pelatihan ini diharapkankan organisasi akan mampu untuk menyusun dan mengindentifkasi risiko & peluang yang berhubungan dengan human capital dan membuat pelaporan human capital sesuai dengan panduan dari ISO 30414. Sehingga laporan ini dapat digunakan bagi pihak internal dalam rangka penyusunan strategi human capital yang berkelanjutan dan bagi pihak ekternal untuk mengetahui kontribusi sumber daya manusia ke dalam bisnis organisasi yang lebih transparan.

Ayo gunakan pelaporan metrik human capital berdasarkan ISO 30414 untuk menjadi landasan penyusunan strategi human capital dalam rangka meningkatkan produktifitas, kinerja dan keberlangsungan organisasi kedepannya.

 

Sumbar

  • WQA Learning
  • org
Share this

Related Posts

Sistem Manajemen Aset – ISO 55001

Perusahaan terus-menerus ditantang oleh bagaimana menyesuaikan praktik dari sistem manajemen aset mereka dengan ketidakpastian, perubahan, dan ambigui...