Language : EnglishFilipinoIndonesianJapaneseKoreanMalayThai
 

Tetap Produktif Selama Bekerja Dari Rumah

Tidak diragukan lagi coronavirus (COVID-19) telah secara drastis mengubah kebiasaan kita. Mengikuti anjuran pemerintah untuk mengurangi dan menghambat penyebaran yang lebih luas & mengutamakan kesehatan, banyak organisasi yang mengurangi kegiatan di kantor, membuat giliran bekerja di rumah atau bahkan bekerja dirumah untuk semua karyawannya.

Bagi yang biasa bekerja dengan jarak jauh dan terbiasa dengan bekerja dirumah, mungkin ini tidak akan menjadi masalah. Tetapi bagi baru pertama kali, tentunya bukan hal yang mudah menyesuaikan diri dengan paradigma baru ini. Bekerja dari rumah berarti akan lebih banyak gangguan, lebih sedikit cara untuk berinteraksi secara alami dengan rekan kerja, dan mengurangi interaksi sosial – yang semuanya dapat menyebabkan turunnya produktivitas. Ini menjadi tantangan bagi organisasi dan semua orang yang melakukan bekerja dari rumah karena efek covid 19 ini.

Tetapkan rutinitas pagi yang membantu anda memulai hari dengan energi positif.

Ini mungkin menantang pada awalnya tetapi pada waktunya anda akan menyesuaikan dengan jadwal anda. Bangunlah lebih awal dan segera hidrasi diri Anda dengan segelas air. Berikan waktu 15 hingga 30 menit waktu sakral di pagi hari Anda untuk ibadah, berdoa, peregangkan, menulis pernyataan terima kasih, dan afirmasi positif. Berolahragalah setiap pagi. Dan beristirahat yang berkualitas dimalam harinya.

Tetap jalankan rutinitas harian.

Bangun pagi, mandi, sarapan dan mulailah beraktivitas seperti biasa. Dengan menerapkan rutinitas harian meski tidak pergi ke kantor. Tentukan jam kerja rutin, meskipun mungkin tidak ada yang mengawasi, disiplin memulai pekerjaan jam 8.30 atau 9 pagi. Gunakan seragam atau pakaian kerja seperti biasa. Meskipun kedengarannya tidak penting untuk berpakaian secara normal bekerja ketika saat bekerja dari rumah, tidak mengenakan celana olahraga dan piyama ketika bekerja secara psikologis akan membantu pekerja untuk berusaha menjadi produktif. Berdandan untuk diri sendiri juga dapat membantu Anda merasa lebih baik secara mental, sehingga membuatnya lebih mudah untuk fokus memeriksa tugas-tugas penting dari daftar Anda. Berpakaian dengan tepat juga memungkinkan karyawan merasa lebih nyaman melakukan panggilan video dadakan dengan klien atau rekan kerja. Ini semua akan membantu mood untuk lebih semangat dalam bekerja. Tentukan dan gunakan meja kerja yang nyaman dan terhindar dari gangguan, jangan bekerja sambil berbaring atau tepat berada di depan TV.

Buat target dan deadline harian

Membuat deadline harian dapat membantumu untuk lebih mudah dalam menyelesaikan tugas kantor yang dikerjakan dirumah. Deadline juga dapat membantumu untuk lebih fokus dalam memprioritaskan pekerjaan. Buatlah To do list dan Not to do list. Apa yang harus dikerjakan hari ini, dan apa yang harus dihindari. Jika selama di kantor sering mengutamakan pekerjaan yang urgent, kini saatnya mengutamakan pekerjaan yang tidak urgent tapi penting bagi organisasi. Pekerjaan pekerjaan jangka menengah dan atau panjang mulai di cicil.

Fokus dan komunikasi rutin dengan rekan kerja.

Jika kamu berkerja dalam tim atau grup, pastikan untuk selalu berkomunikasi secara rutin sama seperti jika kamu berada di kantor. Fokuslah untuk menyelesaikan jadwal yang sudah dibuat pagi nya, batasi dan kontrol diri untuk tidak menghabiskan waktu dengan membaca wa atau membuka sosmed yang tidak ada hubungan dengan pekerjaan, saat ini berita mengenai covid 19 akan mendominasi informasi diberbagai media. Karena bekerja dari rumah dapat berkontribusi pada kesepian dan emosi negatif, komunikasi yang hangat, tenang dan optimis dalam menghadapi wabah ini sangat dibutuhkan.

Buat journal pekerjaan harian

Membuat jurnal kerja memungkinkan Anda mengenali dan merayakan pencapaian kecil. Merasa ada hal yang kita capai setiap harinya akan menimbulkan sikap positif dan bahagia. Jurnal kerja juga dapat membantu Anda merencanakan langkah selanjutnya. Merekam ide dan pemikiran Anda adalah cara yang baik untuk memelihara pertumbuhan pribadi.

Bergerak berjalanlah didalam rumah setiap 2 jam

Tidak dapat dihindarkan, ketika kita melakukan pekerjaan di rumah, dan mengurangi kegiatan diluar rumah selama wabah covid 19 ini. Pergerakan badan akan berkurang drastis di banding ketika kita bekerja normal seperti biasa di kantor. Untuk itu kita perlu tetap bergerak, lakukan streching dan berjalan, meskipun didalam rumah. Ini rutin dilakukan, paling tidak selama 5 menit setiap 2 jam nya. Atau berjemurkan selama 10 menit dijam 10 – 11 siang, ini bagus untuk memaksa kita bergerak ke halaman sekaligus mendapatkan vitamin D dalam tubuh.

Kesempatan untuk belajar

Organisasi diluar industri kesehatan, farmasi atau semua industri yang berhubungan dengan penyediaan sumber daya untuk menangani covid 19, pada umumnya akan mengurangi aktifitas sehubungan dengan wabah ini. Berkurangnya beban kerja ini harus dimanfaatkan menjadi kesempatan untuk belajar. Tentukan tema yang akan dipelajari, lalu ikuti berbagai webinar, baca buku, baca artikel dan lainnya. Catat apa yang kita dapat dari pembelajaran tersebut dan rencanakan apa yang akan kita aplikasikan dalam pekerjaan kita.

Kita harus akui selamat bekerja dari rumah ini, kita memang tidak akan bisa bekerja se produktif biasa di kantor. Tetapi paling tidak kita harus menentukan apa yang harus kita selesaikan selama bekerja dari rumah kali ini. Membuat prioritas dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan pekerjaan yang selama ini mungkin terabaikan selama rutinitas pekerjaan di kantor. Seperti memeriksa kelengkapan record (catatan), memeriksa kembali prosedur, dan lainnya. Jadikan bekerja dari rumah menjadi semua peluang, bukan masalah. Temukan hal-hal yang selama ini terabaikan dan ketika nanti keadaan kembali normal, kita akan mendapatkan banyak manfaat yang dihasilkan selama bekerja dari rumah.

Tetap sehat dan tetap produktif !!!

 

Tetap Produktif Selama Bekerja

Categories: News

Tags:

Comments are closed