Language : EnglishFilipinoIndonesianJapaneseKoreanMalayThai
 

Work From Home Guideline

Siapkan tim agar sukses, Ini Tips Bagi Perusahaan yang menerapkan WFH

Wabah Virus Corona atau Covid-19 sedang merebak di seluruh dunia. Seluruh kegiatan dibatasi dan dalam upaya pencegahan Covid-19 pemerintah mengambil beberapa langkah seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Akibatnya seluruh kegiatan maupun perkantoran menerapkan skema bekerja dari eumah (Work From Home). Pekerjaan dilakukan secara remote. Absensi bisa melalui apa saja, penggunaan aplikasi kantor yang diakses pegawai dari mana saja, rapat melalui video conference, penggunaan email sampai wa group sudah menjadi hal biasa.

Meskipun sudah menetapkan kebijakan dan pelatihan kerja jarak jauh yang jelas sebelumnya, pada saat krisis atau keadaan lain yang berubah dengan cepat, tingkat persiapan ini mungkin tidak dapat dilakukan. Maka harus ada langkah-langkah spesifik yang harus kita ambil dan perlu memahami faktor apa saja yang dapat membuat pekerjaan jarak jauh yang menjadi sangat menuntut. Persiapan dan pelatihan tentunya menjadi sangat penting bagi karyawan agar tidak mengalami penurunan kinerja. Fenomena ini melampaui pekerjaan yang berhubungan dengan tugas hingga tantangan interpersonal yang dapat muncul di antara rekan kerja jarak jauh.

Siapkan Karyawan Agar Tetap Sukses saat Work From Home

Adapun syarat terlaksananya WFH ini adalah adanya payung hukum/peraturan, tersedianya aplikasi virtual office, koneksi internet, target kerja/produktivitas, adanya Standar Operasi dan Prosedur (SOP) dan yang pasti diterima oleh masyarakat. Perusahaan harus menyediakan kebutuhan akan untuk penggunaan peralatan perangkat lunak seperti alat konferensi online hingga kebutuhan lainnya yang memungkinkan pekerja dapat menggunakan peralatan mereka. Pertimbangkan efek bekerja di rumah pada pelanggan, rekan kerja, dan manajemen. Tentukan kebutuhan teknologi dan sepakati untuk mengamankan alat dan pelatihan yang sesuai untuk memastikan produktivitas di rumah. Bantu karyawan menyiapkan ruang kerja yang tepat yang terpisah dan berbeda dari “ruang rumah” mereka dan kondusif untuk bekerja secara efektif tanpa gangguan.

 Berikut 3 cara agar karyawan tetap produktif :  Dukung Dengan Teknologi dan Kebutuhan Lainnya

  1. Karyawan mendesain ruang kerja mereka untuk efisiensi, dengan semua dokumen dan bahan yang mereka butuhkan.
  2. Dorong mereka untuk menciptakan ruang kerja yang sehat – pencahayaan yang baik, suhu yang nyaman, meja berdiri, kursi ergonomis yang dapat disesuaikan, keyboard dan mouse komputer yang sesuai dengan kebutuhan mereka, headset telepon, dll.
  3. Pastikan mereka menetapkan batasan dengan anggota keluarga.
  4. Pastikan anggota keluarga memahami bahwa meskipun mereka di rumah, mereka bekerja.
  5. Tetapkan aturan dasar untuk jam kerja, interupsi, kebisingan, dll.

Membangun Komunikasi Yang Baik

Komunikasi Menjadi kunci kesuksesan Work From Home. Buat sistem komunikasi yang dapat dijangkau semua karyawan.

Gunakan metode komunikasi yang tepat sehingga karyawan dapat tetap terhubung dengan manajer, rekan kerja, dan pelanggan.

 

Fokus pada kinerja dan hasil

Perjelas prioritas karyawan, fokus pada harapan, tugas, dan tanggung jawab yang disepakati sebagai ukuran keberhasilan.

  • Undang dan dorong umpan balik dari rekan kerja, manajemen, dan pelanggan tentang bagaimana pengaturan kerja virtual memengaruhi mereka.
  • Perbarui email mereka, salam pesan suara, kalender staf, dll. secara teratur dengan jadwal, ketersediaan (atau tidak) dan informasi kontak.
  • Memeriksa semua platform komunikasi dan pesan suara sering sangat penting.
  • Kerjasama yang baik antar tim adalah kunci kesuksesan perusahaan.

Work Form Home bukan lagi masalah sulit untuk dilakukan. Dengan perkembangan teknologi, Work Form Home dapat menjadi alternatif saat pandemi. Mengelola pekerjaan dan menghemat waktu untuk hidup sangat penting. Pekerja jarak jauh harus menemukan cara untuk “melepaskan diri” dari pekerjaan dan memiliki waktu pribadi yang berkualitas ketika batasan tradisional antara pekerjaan dan kehidupan rumah tidak lagi jelas. Tetapkan batas yang wajar untuk jam kerja dan tentukan bagaimana memenuhi persyaratan kerja dan tetap menghemat waktu pribadi.

 

Categories: News

Comments are closed

Chat on whatsapp